Selasa, 21 Mei 2013

Pengertian dan Manfaat Gadget


Apa sebenarnya yang dimaksud gadget..?? Gadget adalah perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Diantaranya smartphone seperti iphone dan blackberry, serta netbook (perpaduan antara komputer portabel seperti notebook dan internet). Tak hanya remaja, orang dewasa bahkan anak-anak sudah mengenal gadget. Di era serba IT seperti sekarang ini, semua orang pasti membutuhkan alat komunikasi yang memudahkan dirinya dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Anak-anak zaman sekarang hari-harinya tak pernah lepas dari alat komunikasi canggih ini. 

Positifnya, komunikasi jarak jauh terasa semakin dekat karena keberadaan handphone dan gadget lain yang bisa difungsikan sebagai alat komunikasi. Memperpendek jarak, efisiensi kerja dan hiburan.
Namun, bagi yang ketergantungan yang konotasinya kearah negatif, gadget bisa mengakibatkan lupa waktu bahkan mengganggu kesehatan. Bahkan sebuah hasil penelitian menyebutkan, ketergantungan pada gadget menurunkan prestasi pada anak-anak akibat lemahnya konsentrasi, mempengaruhi kemampuan menganalisa permasalahan, malas menulis dan membaca, serta menurunkan kemampuan bersosialisasi.

Berikut tips mengurangi kecanduan pada gadget:
1.     Niat yang kuat dan besar untuk sembuh dan lepas dari kecanduan gadget adalah suatu pangkal usaha kita. Karena tanpa niat yang kuat, semuanya seakan sia-sia. Ditambah juga dengan berdo’a.

2.     Cari tahu masalahnya. Bagi sebagian orang saat merasa gundah dan gelisah akan berkurang jika, berinteraksi dengan internet menggunakan gadget, atau yang lebih tragis lagi bisa dikatakan bila seseorang sedang “sakaw” maka akan sembuh ketika sedang menggunakan internet. Masalah seperti ini yang harus ditemukan dan menggantikan dengan hal lain yang lebih positif lagi.

3.     Kenali pemicunya. Apakah itu sebagai pengobat stress atau hanya iseng-iseng, atau mencari teman? Mungkin bisa dicoba untuk jalan-jalan ke gunung atau rekreasi ke pantai. Sehingga sedikit demi sedikit kebiasaan lama-lama bermain gadget akan berkurang dan hilang.

4.     Ubah pola kebiasaan online. Jika kebiasaan online kita menghabiskan waktu seharian untuk menggunakan gadget yang belum tentu arahnya, maka kita harus mulai merubah kebiasaan itu dengan membuat pola baru. Dimana misalnya, membaca email sebagai prioritas, dilanjutkan dengan membaca informasi berita setelah itu kita harus mulai berani untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak menjadi prioritas.

5.     Atur ulang jadwal rutinitas. Biasanya orang yang kecanduan gadget tidak memiliki jadwal yang teratur dalam kesehariannya. Oleh karena itu kita harus mulai untuk mengatur ulang jadwal rutinitas kita dengan baik dan seimbang.

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga informasi ini dapat membantu rekan-rekan sekalian.

10 komentar:

Anonim mengatakan...

Terimakasih artikelnya bermanfaat.

Unknown mengatakan...

sama - sama. Termakasih atas kunjungannya. . .

Unknown mengatakan...

saya copast ya untuk tugas saya. terimakasih sebelumnya.

lee mengatakan...

makasih ka yah elmu na sakit gigi | jerawat

Unknown mengatakan...

sama2 guys.. senang bisa bermanfaat :)

Unknown mengatakan...

artikelnya bagus kak, TIPS AGAR SMARTPHONE AMAN DARI HACK
http://indonugraha.blogspot.co.id/2016/02/tips-agar-smartphone-aman.html

Anonim mengatakan...

thanks gan infonya

bandar sakong

bandar domino

bandar poker

agen bandaq

Indra Aditya mengatakan...

https://portalgadgetid.blogspot.com

Indra Aditya mengatakan...

Portal Gadget

budi mengatakan...

Terima kasih atas penjelasannya.

Paket Internet

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Just For Share - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz